Breaking News

Tuesday 4 November 2014

Cara mengatasi batuk berdahak pada anak


B
atuk adalah reaksi refleks yang terjadi akibat stimulasi saraf-saraf dibagian salam saluran pernafasan. Hal ini biasanya terjadi karena adanya penyumbatan pada saluranpernafasan dengan menghirup partikel debu di udara atau ada nya bakteri di dalam saluran pernafasan.
Batuk berdahak adalah batuk yang mengeluarkan mukus atau dahak yang berasal dari saluran pernapasan atas,Untuk batuk berdahak, kita dapat mengetahui seberapa parahnya dari warna dahak tersebut. Batuk berdahak kuning akan terlihat pada kasus infeksi bakteri, infeksi saluran pernafasan bawah, sinusitis, serta flu. Batu berdahak hijau adalah tanda kondisi serius dalam banyak kasus seperti pneumonia, tbc dll. Sedangkan batuk berdahak yang disertai darah menunjukan bahwa ada gangguan yang lumayan serius di bagian pernafasan atau terjadi kerusakan kecil pada jaringan sinus dan rongga hidung, dan dapat dipastikan anak memerlukan perhatian medis sesegera mungkin.
Orangtua umumnya dapat langsung mengetahui bila si kecil pilek. Gejalanya memang mudah dikenali. Misalnya, anak tidak seaktif biasanya dan tak nafsu makan. Anak juga menjadi rewel , tak mau ‘dilepas’,butuh perhatian lebih banyak dari biasanya, serta tidur siang lebih lama.
Untuk itu, orang tua tidak boleh hanya berdiam diri dan menganggap batuk adalah masalah kesehatan yang biasa, karena sekecil apapun penyakitnya, jika tidak ditangani secara serius tentu akan membahayakan si penderitanya sendiri.
Terdapat beberapa faktor penyebab yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit Batuk Berdahak , beberapa faktor penyebab tersebut antara lain :
  • Cuaca yang dingin
  • Infeksi pada saluran pernapasan
  • Infeksi dada
  • Alergi
  • Asma atau tuberculosis
  • Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
  • Tersedak akibat minum susu
  • Gastro-esophageal reflux atau bakteri atau virus infeksi di paru-paru , seperti, bronkitis akut , batuk     rejan , batuk pada anak
Untuk mengantisipasi Penyakit Batuk Berdahak pada anak , maka ada baiknya kita mengenali beberapa gejalanya seperti :
  •  Demam yang tinggi disertai otot tubuh yang kaku
  • Hidung tersumbat
  • Sakit Tenggorokan
  • Bersin-bersin
 inilah lima cara untuk menyembuhkan batuk berdahak pada anak
1. Teh Jahe

Irisan jahe sebaiknya anda campurkan dengan teh. Teh jahe sangatlah baik untuk mengatsi batuk berdaha dan telah dipercaya oleh banyak masyrakat di negara-negara Asia. Mengonsumsinya 2 kali dalam sehari akan membantu anda untuk mengatsi batuk berdahak.

2. Belimbing Wuluh

Membuat ramuan dengan belimbing wuluh akan sangat bermanfaat. Bunga belimbing wuluh juga terbukti dapat membantu meringankan batuk. Ambil kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir air, lalu ditim. Setelah agak dingin, saringlah ramuan tersebut dan siap untuk diminum.

3. Jeruk Nipis

Tentunya jeruk nipis juga akan sangat membantu.. Perasaan air jeruk nipis dicampus dengan madu dan air matang. 1 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu murni serta 5 sendok makan air matang ditim selama 30 menit. Takaran untuk meminum ramuan ini adalah 1 sendok teh sehari dua kali. Obat batuk tradisional lainnya yang terbuat dari jerun nipis adalah campuran jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini lebih gampang, air jeruk nipis hanya dicampur dengan kecap dan diminum sehari dua kali sebanyak satu sendok teh.

4. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan untuk meredekan batuk berdahak. Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

5. Madu dan Lada Putih

Lada putih juga memiliki khasiat yang baik. Campurkanlah lada putih pada teh madu anda maka batuk berdahak bisa anda atasi secepatnya. 

No comments:

Post a Comment

Designed By VungTauZ.Com