Breaking News

Tuesday 2 December 2014

Makanan sehat untuk menurunkan resiko Stroke

Stroke terjadi ketika aliran darah ke bagian otak tersumbat oleh gumpalan atau pembuluh darah pecah. Tanpa perawatan darurat, stroke dapat menyebabkan kerusakan otak yang parah atau kematian.Stroke masih menjadi penyebab utama keempat kematian di AS.
untuk itu sebelum Stroke menyerang ada baik nya stroke di cegah dengan cara yang tepat pula salah satu cara tersebut adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk menurunkan resiko stroke ,inilah  beberapa makanan tersebut.

Apel

‘Sebutir apel sehari, kamu tidak akan pernah ke dokter,’ begitu kira-kira kata pepatah barat. Ya, banyak pakar gizi menyetujui hal itu. Sebutir apel sehari dapat menurunkan resiko penyait stroke hingga 50 persen.
Buah ini kaya akan kandungan quercetin yang terbukti mampu mengatasi inflamasi. Tentu hal ini relevan mengingat pengerasan pembuluh darah seringkali terjadi akibat inflamasi.

Pisang

Inilah salah satu alasan Anda perlu memasukkan pisang dalam menu makan siang Anda: Pisang kaya akan kandungan kalium. Hasil riset menunjukkan bahwa diet rendah kalium (kurang dari 1.5 gram per hari) dapat meningkatkan resiko penyakit stroke hingga 28 persen.
Dan riset Health Professionals Follow-Up Study mendapati bahwa para partisipan penelitian yang mengonsumsi buah yang mengandung banyak kalium sebanyak sembilan porsi per hari ternyata 38 persen lebih rendah mengalami resiko peyakit stroke dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi empat porsi sehari.
Kulit manggis
Siapa yang mengira dalam kulit buah manggis terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan berfungsi menangkal radikal bebas dan melancarkan aliran darah, yang mana salahsatu penyebab penyakit stroke adalah karena terjadinya penyumbatan darah.
Kurma
Ternyata kandungan gizi yang terdapat dalam kurma sangat tinggi, diantaranya 100 gram kurma mengandung vitamin A 50 IU, tanin 0,09 mg, serta kalium 666mg. sementara itu, tiamin sangat penting untuk sel-sel saraf, dan niasin menjaga fungsi normal saraf.
Buah Bit
Buah bit adalah sejenis tumbuhan biji-bijian yang kaya akan gizi. Terasa jarang mendengar nama buah ini.  meminum jus buah ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengatasi stroke karena mengandung nitrat.
Anggur
Anggur memiliki kandungan gizi yang kaya, selain daging nya mengandung kalium bijinya mengandung endungeoned pycnogenol, zat penguat kologen yang bisa melenturkan pembuluh darah (anti aging) yang berarti secara tidak langsung mencegah terjadinya stroke. Bahkan kulit anggur juga sangat kaya akan flavonoid yaitu zat yang mampu menghalau radikal bebas, karena kulit anggur mengandung zat oksidan lebih tinggi dibanding dengan vitamin C.
Semangka
Kemampuan semangka mengoksidasi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah itulah yang dikaitkan dengan penurunan risiko atau pencegahan serangan jantung dan stroke.
Mangga
Selain vitamin C, mangga juga kaya akan kalium. Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harumanis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.


No comments:

Post a Comment

Designed By VungTauZ.Com